24.2.13

Batu Sandungan

Kira-kira hambatan apa aja yang mungkin ditemui kalo hidup di negara orang?

- Bahasa
Karena hidup di Jepang, biar survive dalam kehidupan sehari-hari bisa Bahasa Jepang itu wajib. Soalnya penguasaan Bahasa Inggris orang Jepang itu parah banget *berbanggalah jadi orang Indonesia* Akhirnya di Jepang ini aku pake tiga bahasa sekaligus : Indonesia, Inggris,& Jepang. Terdengar keren tapi aslinya nggak juga karena ujung-ujungnya Bahasa Inggris ku kalo nggak mau dibilang semakin jelek boleh dibilang stagnan sedangkan Bahasa Jepangnya jago-jago banget enggak. Karena make bahasa-bahasa ini campur-campur disesuaikan kondisi, bahasa-bahasa yang aku tau itu kayak mix jadi satu. Kadang karena kebiasaan pake Bahasa Jepang aku bisa kelupaan gimana ngomong pake Bahasa Inggris. Pernah pas itu ditanya nomer telpon berapa pake Bahasa Inggris tapi aku sampe lupa Bahasa Inggrisnya 5 itu apa ya soalnya di otak ini ingetnya Bahasa Jepangnya 5 -_- Terus penurunan dalam menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, serasa kebalik semuanya hahaha. Soalnya kalo di Bahasa Jepang susunannya itu S-K-O-P, kalo Bahasa Inggris kan mirip kayak Bahasa Indonesia S-P-O-K, hmm jadi ya kadang kacau jadinya kalo ngomong. Karena itu seneng banget kalo ada orang yang bisa diajak ngomong pake Bahasa Indonesia,nggak perlu capek-capek mikir. Kadang kita males nyapa temen dari negara lain gara-gara males ngomong pake bahasa asing :p *jangan ditiru*

-Makanan
Percaya deh nggak ada yang ngalahin enaknya makanan Indonesia, apalagi variasinya itu lho banyak banget. Bandingin kalo di Jepang kamu pergi kemana aja makanannya nggak jauh beda ya sushi udon tempura takoyaki sashimi dll, tambah lama tambah eneg meski nggak makan. Mungkin karena aku muslim juga makanan yang bisa dimakan jadinya lebih dikit, disini apa-apa campurannya babi sama alkohol. Masa snack kacang aja di ingredients nya ada babi, parah banget -,- Alhasil makanan ato minuman yang biasanya bisa dimakan ato diminum ujung-ujungnya jadi nggak bisa. Kebayang kan makanan yang ada nggak bisa dimakan plus ngerinduin makanan Indonesia, bikin tekanan batin. Pernah nih sama temen-temen pulang dari kampus kita nyebutin makanan ato minuman Indonesia yang kita pinginin, dan ternyata sampe nyampe asrama pun belum selesai buat nyebutin itu semua. Sayangnya cuma bisa dibayangin aja nih ._.
-Keluarga dan teman
Kenapa keluarga sama temen bisa jadi halangan? Karena kangen mereka bisa bikin jadi homesick. Hmm  kalo jauh gini kepikiran yang aneh-aneh, tapi ya udah lah saling kirim doa aja. Kalo udah kangen gitu bisanya ya telpon, chatting, nangis (?) wkwk. Sesuatu ato seseorang baru kerasa penting kalo mereka udah nggak ada di sekitar kita kan, makanya jauh dari mereka itu baik biar kita lebih ngehargain waktu bareng-bareng sama mereka. Terus jangan sampe hal ini bikin semangat kita turun, justru harus lebih semangat lagi biar cepet lulus dan banggain mereka.

- Pandangan penduduk asli ke kita sebagai orang asing
Kebanyakan orang Jepang nggak mau ndeketin orang asing karena takut mungkin ya. Sifat mereka juga sih yang tertutup dan kurang fleksibel. Apalagi mereka nggak pede dengan penguasaan bahasa asing kayak Bahasa Inggris. Rasanya orang-orang Jepang yang masih muda nggak mengenal Indonesia. Habis mesti ditanyain "Indonesia itu dimana ya?" Padahal mereka tau dan sering pergi ke Bali,tapi nggak tau Indonesia. Kalo nggak gitu sering kan orang Jepang basa basi tentang cuaca,terus kalo aku bilang di Indonesia nggak ada musim dingin soalnya cuma ada dua musim aja mereka mesti langsung kaget. Artinya mereka nggak ngerti kan Indonesia itu dimana,menyedihkan. Beda lagi kalo ketemu orang Jepang yang udah agak tuaan, mereka kadang tau tentang Indonesia. Jadi kesimpulannya orang Jepang nggak punya pandangan negatif tentang Indonesia,mereka cuma belum tau. Jadi ini tugas buat orang-orang Indonesia disini supaya ngenalin sisi-sisi positif dari Indonesia lewat perilaku sehari-hari.

-Budaya
Culture shock pasti jadi masalah kalo kita udah tinggal di negara lain. Orang-orangnya beda, cara hidup beda, peraturan beda. Di Jepang mungkin yang bisa bikin kaget itu masalah ketepatan waktu dan budaya antri. Mereka rada strict masalah ini soalnya mereka suka keteraturan,kerapian,dan mungkin kesempurnaan. Pinter-pinternya kita adaptasi aja, sering-sering nanya sama senior-senior di negeri perantauan apa yang sebaiknya dilakukan dan apa yang sebaiknya dihindari. Kalo udah tinggal lama disini ketauan juga kok jeleknya Jepang apa, selama ini rata-rata kita mikirnya kan hal-hal bagus aja tentang Jepang. Budaya yang baik-baik bisa kita tiru, yang jelek dibuang dan disyukuri ternyata Indonesia nggak kayak gitu :D

- Ekonomi 
Uang bukan segalanya tapi nggak ada uang repot juga haha. Apalagi dengan biaya hidup yang jauuh lebih besar dari di Indonesia kesulitan uang bisa bikin stress dan nggak konsen sekolah. Kalo ekonomi udah nggak jadi masalah misal karena dateng dari keluarga yang bener-bener mampu sih hidup di luar itu mungkin enak banget karena udah nggak mikir uang. Beda sama orang-orang yang kesini dengan biaya sendiri tapi pas-pasan ato yang dapet beasiswa, harus diatur bener masalah keuangan itu. Cerita nyata dari temen-temen sendiri selama 4 bulan beasiswa dari pemerintah Indonesia buat mereka nggak bisa turun dan pemberitahuannya sangat sangat mendadak.Gimana nggak bikin kalang kabut mikirin kelanjutan hidup beberapa bulan ke depan. Yaa akhirnya kalo ada orang tua yang mampu nalangin ditalangin dulu, ada juga yang sampe pinjem-pinjem segala. Kalo boleh ngasi saran jangan ambil deh beasiswa dari D***I kalo nggak bener-bener kepepet ato ada kontrak yang jelas soalnya keuangan pemerintah Indonesia masih labil. Intinya jangan lupa nabung dan kalo bisa cari part time job itung-itung nambah pemasukan dan pengalaman.

-Dunia kerja
Cerita dari orang-orang Indonesia yang kerja di Jepang sebagai dosen, peneliti, buruh, tenaga ahli, perawat, dll macem-macem juga. Dunia kerja Jepang lumayan keras sih,harus tahan aja. Yang paling shock denger cerita orang Indonesia yang udah sebulan ini disuruh kerja tiap hari, Senin-Minggu dan lembur sampe malem. Katanya sih ini namanya pemecatan secara halus karena kalo dia nggak tahan kan bakal ngundurin diri. Kalo dia sendiri yang ngajuin pengunduran diri perusahaan nggak perlu ngasi pesangon yang layak. Beda kalo perusahaan yang mecat dia,perusahaan harus bayar pesangon yang lumayan besar. Pemecatan halus ini bisa dengan cara lembur kerja gini ato katanya diomelin terus sama atasan, semacam diintimidasi gitu. Kaget banget dengernya, ternyata di balik muka kalem orang Jepang mereka kejem juga makanya dulu ada Romusha ya._.

-Cuaca ekstrim
Nggak bisa dipungkiri kita ini orang tropis, yang namanya musim dingin itu mungkin agak menyiksa. Tapi kalo ditanya musim dingin sama musim panas pilih yang mana bingung juga,soalnya musim panas disini nggak enak,mending panasnya Indonesia. Terus angin disini bener-bener ekstrim soalnya kenceng banget makanya hati-hati buat orang yang kekurangan berat badan :p Hmm mungkin musim yang paling enak itu musim semi sama musim gugur ya kalo. Intinya karena ada banyak musim kondisi tubuh harus dijaga bener soalnya cuacanya bisa cepet berubah-ubah. Kalo sakit disini gawat,selain biaya berobat mahal sapa yang bisa ngurus kita kalo lagi sakit.

Poin-poin di atas tadi cuma pendapatku aja selama tinggal di Jepang, mungkin orang lain punya pendapat beda. Anyway hidup itu perjuangan sih,so no pain no gain!

No comments:

Post a Comment